Posted on

Liburan ke Malaysia Siap-Siap Rogoh Kocek Lebih

Genre: TRAVEL
View: 90 views

mm.jpg

METROPOKER88 – JALAN-jalan ke Malaysia, kini wisatawan harus menyiapkan dana lebih. Pasalnya, Malaysia akan menerapkan pajak pariwisata baru untuk menginap di hotel per 1 Juli. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Nazri Aziz.

Dilansir dari AsiaOne, Jumat (9/6/2017), wisatawan yang menginap di hotel atau penginapan yang terdaftar akan dikenakan biaya tambahan sekira USD6,50 atau setara Rp86.000 untuk setiap kamar per malam.

RUU Pajak Pariwisata 2017 ini telah lolos di Parlemen Malaysia pada April lalu. Biaya tambahan yang dikenakan tidak termasuk untuk rumah tinggal, tempat tinggal di kampung dan pondok pesantren.

Kebijakan ini menuai pro kontra. Betapa tidak, Pemerintah Malaysia mengharapkan untuk menerima sekira 32,2 juta pengunjung tahun ini. Target naik dibanding tahun lalu yakni sebanyak 31 juta wisatawan. Tentu kebijakan kenaikan pajak hotel ini akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Malaysia.

Sebagai tanggapan atas RUU tersebut, operator hotel telah meminta izin agar pemerintah menunda pelaksanaannya sehingga mereka memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan sistem pemesanan mereka. Tapi sepertinya pemerintah cukup bersikeras menerapkan kenaikan pajak tersebut pada bulan Juli.

Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Nazri Aziz mengatakan anggota parlemen telah dengan suara bulat menyetujui undang-undang tersebut dan lembaran pajak itu otomatis sesuai dengan prosedur operasi. METROPOKER88

CERITADEWASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *